Excalibur, Wall Climbing Tertinggi di Dunia


ANDA penggemar olahraga panjat tebing? Atau sekadar penggiat panjat dinding – karena tak punya banyak waktu untuk melakukan panjat tebing sungguhan? Kalau benar, berarti Anda perlu tahu informasi ini. Bahkan, kalau perlu membuktikan kebenaran informasi ini. Dan itu artinya, Anda sekalian mencoba memanjat dinding panjat (wall climbing) tertinggi di dunia.

Excalibur namanya. Tapi ini bukan nama pedang milik Raja Arthur yang terkenal itu, melainkan nama sebuah dinding panjat tertinggi di dunia. Excalibur ini mempunyai tinggi hampir 37 meter, atau setara dengan 121 kaki. Dinding panjat tebing tertinggi di dunia ini berada di kota Groningen, Belanda. Anda tertarik untuk mencobanya? Silakan saja.

Melihat pada bentuk dan kontur dinding panjat ini, ada 2 pilihan tingkat kesulitan untuk memanjat dinding ini. Di satu sisi agak mudah, karena posisinya memanjat pada sisi atas. Sedangkan sisi lainnya cukup sulit, karena posisinya merayapi bagian bawahnya. Namun yang jelas, untuk dapat memanjat hingga ke puncak – pada posisinya yang mana pun, pemanjat haruslah bekerja ekstra keras. Karena selain harus menempuh bentuk dinding yang melengkung, pendaki juga harus bisa mempertahankan stamina karena saking tingginya dinding tersebut.



sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES TERJADINYA PELANGI

10 Kejadian paling kebetulan di dunia

Single Rope Technique